Minggu, 29 Mei 2011

Hacker? Cracker?

Kali ini saya mau membahas apa itu Hacker dan apa itu Cracker. Saat ini masih banyak orang yang tidak tahu tentang perbedaan antara Hacker dan Cracker. Banyak orang yang hanya tahu bahwa Hcker dan Cracker itu sama. Padahal sudah jelas mereka itu berbeda, dari namanya sendiri saja sudah berbeda.

HACKER. Apa itu hacker? Hacker tentulah bukan sebutan untuk tukang kebun, bukan juga sebutan untuk penjual batagor. Lalu apa Hacker? Hacker adalah seseorang yang mahir dengan komputer, tapi mereka bukanlah tukang servis komputer. Hacker ini tahu semua tentang hal komputer, program dan sebagainya. Mereka ini dengan kemampuannya tersebut dapat menerobos masuk ke dalam sistem suatu komputer dan juga jaringan komputer. Sehingga mereka dapat mengetahui tentang semua bagian dalam dan bagian luar suatu sistem. Tapi dengan kemampuan-kemampuannya tersebut Hacker tidak pernah melakukan hal-hal buruk yang melanggar hukum seperti mencuri beberapa data, merubah struktur dari sistem tersebut, menyebarkan virus, atau semacamnya. Beberapa Hacker terkadang memberitahu kepada pihak yang membuat sistem tersebut, bahwa sistemnya tersebut memiliki suatu celah dalam keamanannya sehingga mudah dijebol.

CRACKER. Cracker ini seperti timbal balik atau lawan dari Hacker. Mereka ini juga memiliki kemampuan yang hampir sama dengan Hacker, mereka mampu menjebol suatu sistem komputer dan jaringan komputer. Tapi, mereka menggunakan kemampuan mereka ini untuk keuntungan pribadi mereka. Mereka mencuri data, mendistribusikan virus, dll.

Jadi, banyak orang yang yang websitenya atau sistem komputernya dijebol oleh seseorang dan merusaknya, dan menyebut pembuat masalah itu adalah Hcker itu adalah salah besar. Karena orang yang disebut Hacker tidak pernah melakukan hal-hal yang melanggar hukum.

Oke. Sekian dulu kuliah dari saya =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar