Senin, 14 Februari 2011

Teknologi Informasi

Sebelum saya membahas tentang Teknologi Informasi, tentu harus tau apa pengertian Teknologi Informasi itu sendiri.

Apa itu Teknologi Informasi?

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, dengan memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Informasi yang dimaksudkan adalah informasi yang akurat, relevan, dan tepat waktu, yang dapat digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan. Informasi ini juga harus bernilai strategis sehingga dapat digunakan dalam pengambilan keputusan.

Bagaimana dengan perkembangan IT di Indonesia?

Menurut pandangan saya, yang namanya teknologi itu semakin hari akan semakin lebih maju. Tidak terkecuali Teknologi Informasi atau biasa di sebut IT. Dunia IT semakin lama semakin maju, banyak produk-produk baru berbasis IT yang muncul saat ini baik dalam software, hardware dan sebagainya. Di Indonesia sendiri IT ini masih dalam tahap pengembangan jadi dibutuhkan banyak sekali SDM yang memahami komponen Teknologi Informasi (perangkat keras, perangkat lunak, komputer sistem jaringan dan sistem telekomunikasi).


Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Economics Intelligent Unit (EIU) yang disponsori BSA, Indonesia menempati posisi 59 dunia, turun satu peringkat dari hasil studi sebelumnya di tahun 2008. Hasil penlitian ini dilakukan dengan membandingkan perkembangan TI di 66 negara. Penelitian ini dilakukan untuk melihat sejauh mana indeks daya saing TI di negara-negara tersebut (http://informasiteknologi.com/it-indonesia-peringkat-59-dunia/).

Lalu apa ilmu yg dibutuhkan dan karir apa yang paling menjanjikan dalam dunia IT?

Tentu saja ilmu yg dibutuhkan dalam dunia IT adalah CS singkatan dari Computer Science atau Ilmu Komputasi. Ilmu Komputasi adalah menciptakan dan men-design sesuatu yang semua pekerjaan tersebut menggunakan komputer. Karena dunia IT di Indonesia masih dalam tahap pengembangan tentu saja akan dibutuhkan banyak SDM yang ahli dalam bidang ini, sehingga untuk 5-10 tahun ke depan orang yg bekerja dalam bidang IT masih sangat menjanjikan. Terutama software designer dan developer.


SWOT (Strength, Weakness, Oppurtunity, Threat)

Strength
Strength atau Kekuatan. Untuk kekuatan atau keahlian saya dalam bidang IT masih belum cukup atau bisa juga dikatakan masih kurang. Karena saya masih dalam tahap belajar, tapi saya yakin setelah lulus kuliah S1 Teknik Informatika ini saya akan memiliki banyak keahlian-keahlian yang dibutuhkan dalam bidang IT.

Weakness
Weakness atau Kelemahan. Kelemahan saya sendiri masih suka menyepelekan materi-materi pelajaran yang saya pelajari. Sehingga terkadang saya malas untuk mempelajari ilmu-ilmu yang dibutuhkan dalam bidang IT.

Oppurtunity
Oppurtunity atau Kesempatan. Kesempatan untuk mencari kerja dalam bidang IT tentu sangat besar. Tidak hanya di Indonesia, apabila kita ingin bekerja di luar negri IT masih sangat dibutuhkan juga.

Threat
Threat atau Ancaman. Mungkin ancaman itu sendiri adalah saingan dari para lulusan IT sehingga mungkin akan sulit mencari kerja kalau kita tidak benar-benar ahli dalam hal tersebut.

Untuk bisa mengatasi hal-hal tersebut saya sudah memiliki beberapa strategi. Pertama yang harus saya lakukan saya harus benar-benar konsen terhadap kuliah saya dan lebih rajin dalam mempelajari mata kuliah yang ada. Kemudian selain itu saya juga harus meningkatkan skill saya dalam bidang IT dengan mengikuti study group atau pelatihan dan semacamnya. Selain itu saya juga tahu dalam dunia kerja tidak hanya dibutuhkan hard skill tapi juga soft skill, jadi dengan berjalannya waktu saya juga harus meningkatkan softskill saya dengan mengikuti kegiatan-kegiatan mahasiswa yang ada. Dan setelah saya lulus, saya akan mencoba mencari informasi untuk bekerja di luar negri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar